Headlines News :
Home » » Waktunya Melindungi Aset Terpenting Anda, Sambil Berinvestasi

Waktunya Melindungi Aset Terpenting Anda, Sambil Berinvestasi

Written By Purnawan Kristanto on Kamis, 25 April 2013 | 01.41



Eddy KA. Berutu
Pengamat dan Praktisi Asuransi Jiwa
Co-Founder: AVATAR Global Limited

 Asuransi jiwa adalah sesuatu yang penting, yang Anda beli dalam hidup.
Di masa kemalangan, polis asuransi jiwa Anda akan menggantikan Anda membayar berbagai kebutuhan seperti; kebutuhan keluarga, keuangan masa depan, biaya pendidikan anak atau cucu, dana pensiun pasangan Anda dan kebutuhan-kebutuhan lain yang tidak bisa Anda usahakan lagi.
Sangatlah penting untuk memiliki program asuransi jiwa.
Menurut Anda, apa kekayaan terpenting bagi Anda saat ini? Rumah, kendaraan, atau perhiasan? Coba renungkan. Selama ini Anda mengerahkan seluruh kemampuan Anda untuk menghasilkan kehidupan yang sejahtera. Anda dan keluarga bercita-cita dan berusaha membeli rumah baru dan bagus, melanjutkan pendidikan anak ke luar negeri, mempersiapkan masa pensiun dan sebagainya. Semua itu Anda lakukan karena Anda berpikir bahwa Anda akan menghasilkan uang hingga pensiun. Tapi pernahkah Anda berpikir, apa yang akan terjadi jika Anda tidak dapat menghasilkan uang lagi?
Pengasilan Anda adalah aset terbesar Anda.
Bayangkan, berapa uang yang bisa Anda kumpulkan dari penghasilan Anda setiap tahun atau bahkan seumur hidup? Seorang karyawan usia 35 tahun dengan penghasilan Rp. 150 juta setahun akan kehilangan potensi penghasilannya di masa depan hingga Rp 4 miliar bila dia mengalami kemalangan dan atau cacat tetap.  
Dalam kondisi inilah Asuransi Jiwa berperan memproteksi Anda. Program asuransi jiwa dirancang untuk menggantikan Anda memberikan penghasilan bagi Anda dan keluarga bila Anda tidak dapat bekerja karena kemalangan seperti kecelakaan dan atau penyakit.
Bagaimana dengan Asuransi Kesehatan?
Saat Anda sakit atau mengalami kecelakaan, saat itulah asuransi kesehatan menjadi sangat berharga. Asuransi kesehatan memberikan biaya pengobatan dan perawatan bagi Anda secara keseluruhan, dari biaya test laboratorium sampai rawat inap, bahkan biaya operasi dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Asuransi Kesehatan memberikan “peace of mind, karena Anda tahu, apapun jenis pengobatan dan terapi kesehatan yang Anda dan keluarga butuhkan, Anda tidak perlu mengeluarkan uang karena polis asuransi Anda akan membayarkannya untuk Anda.
Tujuan rubrik ini adalah memberikan informasi praktis untuk lebih memahami produk/polis asuransi jiwa. Saya akan menjelaskan peran asuransi dalam perencanaan dan proteksi keuangan agar  Anda bisa membandingkan berbagai polis dan program asuransi, bisnis dan oparasi perasuransian untuk proteksi keuangan Anda. Rubrik ini juga menjelaskan cara melindungi kelanjutan usaha Anda bila Anda meninggal dunia. Mencakup bagaimana merancang program asuransi jiwa secara inovatif agar dapat menjembatani kesenjangan yang timbul bila seorang yang posisinya penting bagi perusahaan meninggal dunia atau meninggalkan usaha.
Dari pengalaman kami dalam melayani masyarakat, ada banyak hal yang ingin diketahui pemegang polis, seperti: siapa yang paling membutuhkan asuransi,  berapa besar yang dibutuhkan, bagaimana menghitungnya, jenis asuransi jiwa apa yang cocok, bagaimana memilih produk asuransi, dimana bisa membelinya dan perusahaan asuransi mana yang akan dipilih?
Apabila Anda pengusaha UKM, tanggung jawab Anda tidak hanya untuk kesejahteraan Anda dan keluarga, tapi juga karyawan, mitra kerja bahkan pelanggan Anda. 
Di edisi perdana ini kita akan membahas : berasuransi sambil berinvestasi melalui produk Unit Link.
Semua orang pastilah ingin kekayaannya tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan kekayaan ini searah dengan pertumbuhan karir dan penghasilan.  Secara teoritis, jika Anda adalah karyawan perusahaan, maka penghasilan Anda akan tumbuh sampai menjelang masa pensiun dan menurun setelah itu. Karena itu, Anda harus menemukan cara efektif untuk menginvestasikan kekayaan Anda sejak awal agar tujuan investasi bisa dicapai.
Secara umum, tujuan investasi adalah:
1)      Capital Preservation. Artinya Anda menginvestasikan aset dengan tujuan melindungi nilai investasi Anda. Jika Anda ingin menginvestasikan aset Anda tanpa aset tersebut mengalami pengurangan nilai, maka tipe investasi yang bisa Anda pilih adalah instrumen investasi berisiko rendah. Umumnya, strategi investasi ini berlaku bagi investor yang berusia lanjut atau mendekati usia pensiun; karena mereka tidak mempunyai waktu lama untuk menunggu asetnya kembali bila tiba-tiba terjadi penurunan pasar yang signifikan.
2)      Capital Growth.  Dalam investasi, Anda dapat mengembangkan kekayaan dan capital Anda. Misalnya, Anda berinvestasi untuk meningkatkan nilai pasar dari jumlah investasi semula. Dengan potensi timbal balik, hasil yang tinggi maka risiko investasi Anda pun tinggi.
3)      Income. Anda menginginkan penghasilan atau pendapatan rutin dari investasi. Untuk tujuan ini jenis investasinya adalah investasi deposito, instrumen surat hutang (bond) dengan pembayaran bunga atau investasi saham yang memberikan deviden
4)      Likuiditas. Anda mencari jenis investasi yang memberikan likuiditas bagi Anda. Artinya, Anda menginginkan jenis instrumen yang dapat dikonversi menjadi uang tunai seketika atau bila pasar bersedia membeli instrumen investasi Anda setiap waktu.
Walaupun instrumen investasi Anda mungkin bisa memenuhi beberapa tujuan investasi di atas, Anda tetap perlu mempertimbangkan, mana investasi yang paling penting dan utama untuk Anda. Pertimbangan itu akan menentukan tipe instrument investasi dan strategi investasi yang akan anda tempuh.
Terkait dengan tujuan dan strategi investasi, tahukah Anda bahwa ada produk asuransi jiwa yang dapat memenuhi kebutuhan investasi, dan pada saat yang sama, memberikan perlindungan asuransi bagi Anda bila terjadi kemalangan? Produk asuransi jiwa itu adalah Unit Link, sebuah polis asuransi jiwa yang berkaitan dengan investasi. Saat ini, mayoritas masyarakat perkotaan di Indonesia telah memilih produk asuransi jiwa Unit Link.
Dalam polis asuransi jiwa Unit Link, premi yang Anda bayar kepada perusahaan asuransi akan digunakan untuk membeli proteksi dan unit investasi.  Melalui unit investasi itu uang Anda akan digabungkan dengan uang pemegang polis lainnya untuk diinvestasikan pada instrumen investasi berjangka pendek dan berjangka panjang sesuai pilihan investasi Anda. Unit Link memberikan kombinasi antara proteksi dan unit investasi sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan potensi yang lebih tinggi untuk memberikan imbal hasil yang lebih baik. Jadi, sambil berinvestasi Anda mendapatkan proteksi asuransi jiwa.
Meskipun demikian, berinvestasi pada polis Unit Link bukan tanpa risiko. Perusahaan asuransi jiwa tidak memberikan jaminan atas imbal hasil tapi bergantung pada kinerja dana investasi yang Anda pilih. Nilai tunai polis bergantung pada harga unit setiap waktu.  Itu artinya risiko investasi ada pada Anda sebagai pemegang polis.
Manfaat yang ditawarkan oleh polis Unit Link yang tidak dimiliki polis tradisional diantaranya adalah fleksibilitas. Polis Unit Link memberikan keleluasaan bagi pemiliknya untuk menambah premi investasi, baik secara regular maupun sewaktu-waktu dan keleluasaan menarik dana investasi ataupun mengalihkan dana investasi satu ke dana investasi lainnya. Polis Unit Link menyediakan beragam dana investasi yang dikelolan oleh manager investasi yang profesional di masing-masing asuransi. Ragam dana investasi ini memudahkan pemegang polis mengakses berbagai jenis instrumen investasi yang memberikan peluang diversifikasi investasi bagi dana mereka. Polis Unit Link mengijinkan Anda menambah dana investasi anda kedalam polis (Top-up) serta keleluasaan untuk menarik dana dan mengalihkan dana dari subdana investasi ke subdana lainnya. Setiap premi yang Anda bayar, selalu dialokasikan untuk proteksi dan investasi. Oleh karena itu dengan premi yang sama selalu ada keseimbangan. Semakin tinggi risiko yang anda harapkan, maka akan lebih banyak unit premi yang dihabiskan untuk membayar biaya asuransi serta lebih sedikit unit yang dapat diakumulasi untuk dibelikan unit investasi dalam polis Unit Link  Anda. Begitu juga sebaliknya.
Selain memberikan jalan keluar untuk mencapai tujuan investasi masing-masing nasabah, polis Unit Link memberikan perlindungan dari risiko keuangan yang berkaitan dengan kematian, cacat, dan sakit. Produk-produk lainnya juga bisa membantu nasabah untuk mengakumulasi uang guna mengakomodasi berbagai kebutuhan keuangan mereka di masa depan. Produk asuransi unit Link bermanfaat untuk meningkatkan kekayaan, mengakumulasi kekayaan, dan melindungi para nasabah dari risiko hilangnya sumber pendapatan mereka.
Setelah mengetahui banyaknya manfaat dari proteksi asuransi jiwa, Anda dapat mengambil langkah bijak. Segera hubungi agen asuransi jiwa untuk membahas polis asuransi jiwa Unit Link demi kesejahteraan keluarga Anda.



Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Majalah Gema Kreasi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger