Headlines News :
Home » » Sambutan BPMSW GKI Sinwil Jabar

Sambutan BPMSW GKI Sinwil Jabar

Written By Purnawan Kristanto on Jumat, 04 Januari 2013 | 00.44




Kalau ada Jemaat yang menerbitkan sebuah majalah gerejawi yang isinya -terutama- bermuatan bina iman, itu sudah biasa.  Hal tersebut dengan mudah bisa kita temukan baik di kalangan GKI maupun di kalangan gereja-gereja pada umumnya. Namun kalau ada Jemaat yang menerbitkan sebuah majalah gerejawi yang isinya -terutama- bermuatan hal-hal yang berkaitan bisnis, sepanjang sepengetahuan kami belum ada, karena itu tidak biasa.

Sejauh informasi yang disampaikan kepada kami oleh Tim Redaksi, majalah ini  - terutamanya - bertujuan : 1. memberikan informasi insprirasi, motivasi & kiat-kiat berbisnis, melalui penulisan-penulisan pengalaman juang orang-orang kristen (maupun non-kristen) yang sukses dalam berbisnis. 2. Memfasilitasi pembentukan jejaring bisnis dengan penulisan-penulisan yang informatif dan promotif, baik tentang kegiatan bisnis yang sudah mapan maupun tentang kegiatan bisnis yang baru dimulai di kalangan kristen (maupun non-kristen) dengan peluang untuk melakukan kerjasama. 
Dengan demikian, kalau benar tujuannya seperti itu, apakah majalah ini masih dapat disebut sebagai majalah gerejawi? Atau, apakah Jemaat boleh menerbitkan majalah dengan tujuan seperti itu?
Tidak tertutup kemungkinan pertanyaan-pertanyaan itu muncul di benak sebagian warga jemaat. Pertanyaan-pertanyaan  seperti itu dilatar belakangi oleh sebuah pemahaman dan penghayatan bahwa gereja -mestinya- hanya berurusan dengan hal-hal rohani-sorgawi saja, jangan berurusan dengan bisnis, karena bisnis adalah urusan jasmani-duniawi semata. Bahkan lebih tajam lagi, gereja itu suci-kudus, sedangkan bisnis itu kotor. Karena itu jangankan untuk berkiprah dalam dunia bisnis, untuk terlibat sedikit saja pun tidak boleh!

Benarkah demikian? Kalaupun pemahaman dan penghayatan itu benar, justru kebalikannya, gereja mestinya tidak boleh menjauhi dan menafikan urusan bisnis, malah harus peduli, bahkan memasuki dan menggelutinya. Karena bukankah gereja dipanggil untuk menjadi terang dan garam dunia, termasuk menerangi dan menggarami dunia bisnis!

Pemandangan Umum PMSW ke-68 tahun 2010, BPMSW  memaparkan bagaimana lembaga-lembaga bisnis, yakni perusahaan (company) dan korporasi (corporation), sesungguhnya membawa dalam dirinya dua makna sentral teologi gereja. Makna dari company adalah “berbagi roti” (cum = bersama dan panis = roti) dan makna corporation (corporare) adalah “menjadi satu tubuh” (lebih jauh lihat Selusur Spiritual III, “Michaelangelo Membebas-kan Allah” pasal 5,  BPMSW GKI Sinwil Jabar, 2012).

Jadi terlibat, bahkan berkiprah dalam dunia bisnis juga merupakan panggilan bagi Gereja yang tidak bisa diabaikan. Memang tidak bisa dipungkiri ada banyak hal-hal negatif, bahkan dampak buruk dari praktik-praktik kegiatan bisnis yang terjadi selama ini. Tapi itu bukan karena bisnis yang pada dirinya dapat menyebabkan terjadinya hal-hal seperti itu. Itu disebabkan faktor lain, yaitu KESERAKAHAN dan KERAKUSAN (yang bersumber pada EGOISME dan KEPICIKAN). Bisnis pada dirinya sendiri, sebagaimana disampaikan sebelumnya, melalui lembaga-lembaganya mengemban misi yang sangat luhur, yaitu berbagi 'roti': hasil, berkat/rezeki, kehidupan (perusahaan) dan menjadi 'satu tubuh': saling-bergantung, saling membutuhkan, saling menghidupkan (korporasi).

Dengan demikian, malah gereja 'wajib' mengawal misi luhur dari bisnis tersebut. Dalam hal ini, GKI Samanhudi, melalui Koperasi Usaha Mandiri Samanhudi, yang menerbitkan majalah GEMA KREASI INDONESIA, dengan misi sebagaimana sudah disampaikan sebelumnya, dapat dikatakan sebagai pelopor -paling tidak di GKI-  yang sudah memulai untuk turut mengawal misi luhur dari bisnis tersebut. Oleh karena itu kami menyambut penerbitan majalah GEMA KREASI INDONESIA, majalah gerejawi ini, dengan penuh kebanggaan, juga dengan penuh harapan dan doa, agar majalah ini diberkati Tuhan dan menjadi berkat bagi banyak orang. Semoga!


Jakarta, 20 Nopember 2012,
BPMSW GKI Sinwil Jabar

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Majalah Gema Kreasi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger