Headlines News :
Home » » Belajar dari Etos Bangsa Cina

Belajar dari Etos Bangsa Cina

Written By Purnawan Kristanto on Rabu, 08 Mei 2013 | 20.41





Judul Buku: The Chinese Ethos
Penulis: Jansen Sinamo, Eben Ezer Siadari
Penerbit: Institut Darma Mahardika
Tahun terbit : 2013
Tebal: 382 halaman
Peresensi: Sylvana Toemon 

Cina telah menunjukkan kekuatannya di Asia, bahkan di dunia. Kekuatan ekonomi dunia mulai bergeser dari barat ke timur. Lembaga-lembaga keuangan papan atas yang kolaps dan krisis di zona Euro, membuat kedudukan Cina makin kokoh secara politik dan ekonomi. Cina, yang berpuluh tahun lalu dikenal karena penduduknya yang kebanyakan miskin, berhasil mengangkat harkat bangsanya dengan mengentaskan ratusan juta penduduknya dari kemiskinan.
Kebangkitan Cina di kancah dunia saat ini tak terlepas dari reformasi Deng Xiaoping pada tahun 1978. Masa ini dibagi menjadi 2 tahap yang sangat berpengaruh pada pembangunan Cina, yaitu tahap awal dibuka untuk investasi asing, kemudian dilanjutkan dengan privatisasi besar-besaran untuk aneka industri dalam negeri. Sektor swasta berkembang pesat.
Yang membuat Cina berbeda dengan negara lain adalah tetap kuatnya peranan negara, dan terus menguat, dalam memimpin dan mengendalikan reformasi negeri itu. Negara terus menunjukkan kehadirannya dalam setiap kegiatan, sementara di negara lain, pemerintahnya justru kehilangan kendali.
Kemajuan Cina ini tak hanya berakar pada reformasi Deng Xiaoping, namun berakar jauh ke ribuan tahun silam dalam sejarah panjang Bangsa Cina. Peradaban Cina telah mempengaruhi dunia. Bahkan, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Carilah ilmu sampai ke Negeri Cina.”
Cina dengan peradabannya yang membentang sangat panjang, dikenal juga dengan tradisi revolusioner yang mewarnai perjalanan sejarahnya. Tradisi mandat langit sebagai legitimasi bagi setiap kaisar, juga diartikan sebagai sesuatu yang tidak permanen pada setiap kaisar. Artinya, penguasa bisa kehilangan kekuasaannya bila rakyat menganggap penguasa tak layak memegang mandat itu. Maka terjadilah pergantian dinasti yang memerintah Cina, yang diawali dengan revolusi.
Selain pergantian penguasa dengan revolusi, sejarah panjang Cina juga diwarnai dengan guru-guru bijaksana yang ajarannya turut mempengaruhi kehidupan bangsa Cina. Konfusius, Lao Zi dan Siddharta Gautama, masing-masing memberi pengaruhnya tersendiri. Di kemudian hari, ajaran-ajaran mereka banyak yang berasimilasi membentuk cara hidup dan etos bangsa Cina.
Jansen Sinamo, sang guru etos, yang telah menulis buku 8 Etos Kerja Profesional menerjemahkan etos bangsa Cina dalam 8 bingkai etos tersebut. Etos adalah pandangan hidup yang khas pada suatu golongan sosial atau bangsa. Namun, etos bukan hanya semangat atau keyakinan yang khas, Etos lebih dilihat pada wujud positifnya dalam bentuk perilaku individual dan komunal.
Etos kerja orang Cina ini terbawa pada semua keturunannya di seluruh dunia. Bangsa Cina tak lagi hanya berkewarganegaraan Cina. Mereka bermigrasi ke berbagai daerah, termasuk juga ke Indonesia. Anggapan bahwa bangsa Cina semuanya pedagang adalah keliru. Ini tampaknya sangat dipengaruhi oleh dunia bisnis yang menjadi lapangan kerja utama etnik Cina di Indonesia. Yang benar, bangsa Cina adalah pekerja keras. Hal ini tidak hanya terjadi pada orang kaya yang menolak pensiun dari bisnisnya, tapi juga warga paling miskin yang berjuang untuk sesuap nasi.
Melalui buku ini, kita dapat mempelajari sejarah dan budaya Cina, sekaligus juga etos hidupnya. Etos yang menjadi “rahasia” keberhasilan etnis Cina di banyak bidang, di seluruh dunia. “Rahasia” ini dijelaskan oleh penulis dengan contoh dan ilustrasi dengan bahasa yang mudah dimengerti. Buku ini juga memiliki keterkaitan yang saling melengkapi dengan buku 8 Etos Kerja Profesional yang juga ditulis oleh Jansen Sinamo. Buku ini sangat layak dibaca untuk menambah wawasan dan menjadi referensi bagi etos kita sendiri. {ST}

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Majalah Gema Kreasi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger