Headlines News :
Home » , » Beras Organik Lebih Sehat

Beras Organik Lebih Sehat

Written By Purnawan Kristanto on Sabtu, 26 Januari 2013 | 20.01


Peningkatan kesadaran perlunya pelestarian lingkungan mendorong maraknya pertanian organik. Pertanian organik adalah gerakan kembali menggunakan cara-cara alami dalam budidaya tanaman. Kelompok tani di kecamatan Karangdowo, Klaten ikut pula andil dalam pertanian organik. Kelompok ini unik karena dipelopori oleh pendeta dari Gereja Kristen Jawa, namun anggotanya terdiri dari berbagai agama.
Sejak dari penggunaan benih, para petani tidak membeli benih buatan pabrik tetapi mengambil dari lumbung sendiri. Mereka juga meninggalkan pupuk kimia dan beralih pada pupuk kandang yang telah diolah. Saat harus mengenyahkan hama, mereka meramu pestisida alami.Mereka juga memanfaatkan hewan lain sebagai predator. Contohnya, dengan tidak membunuh ular sawah karena hewan melata ini memangsa tikus.
Sampai saat ini mereka telah menghasilkan beras organik, yaitu genjah rante, mentik susu, beras merah dan beras hitam.  “Genjah rante itu setara dengan beras C4,” terang pdt. Raditya Wishnu saat ditemui Gema Kreasi Indonesia di rumah pastorinya. “Namun dari segi rasa, genjah rante lebih enak daripada C4,” tambahnya. Raditya lalu menunjukkan beras mentik susu. “Jika dimasak, beras ini akan mengeluarkan aroma yang wangi sehingga bisa membangkitkan selera makan,”lanjutnya. Saking wanginya, beras ini sebaiknya dicampur dengan beras genjah rante dengan perbandingan 1:4.
Kelompok tani juga menanam beras merah yang biasa digunakan untuk konsumsi diet. Beras merah ini memang lebih mudah mengenyangkan. Karena kaya dengan vitamin B, vitamin E dan zat mineral, maka beras merah membentuk energi dalam tubuh manusia. Beras merah mempunyai banyak serat sehingga baik untuk pencernaan dan membantu tubuh menyerap gula dan karbohidrat.
Para ahli juga menemukan bahwa beras merah mengandung zat selenium yang di dalamnya terdapat enzim glutation peroksidase yang berfungsi sebagai katalisator dalam pemecahan peroksida.Peroksida biang kerok timbulnya kanker. Kaya akan magnesiaum, fungsi zat mineral ini sangat banyak seperti menurunkan keakutan asma, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati migrain, mengurangi resiko penyakit jantung dan strooke.Selain itu magnesium ini sangat bagus dalam menjaga dan membetuk kekuatan tulang. Pigmen merah pada beras terbentuk dari zat antosianin melindungi tubuh dari penyakit hepatitis, stroke, kanker, alzhiemer dan penuaan pada otak.


Tidak hanya beras merah, mereka juga menanam beras hitam. Konon beras ini adalah beras pusaka yang menjadi hidangan wajib di meja makan para raja di kawasan Asia. Saat masih mentah, beras ini berwarna hitam, namun ketika sudah masak ternyata berwarna ungu tua.  Beras hitam mendapatkan warna gelap dari zat antosianin, sama seperti pada beras merah, tapi kadarnya lebih banyak
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition pada tahun 2008 menunjukkan bahwa ekstrak dari beras hitam saat diujicoba pada tikus membantu mencegah perkembangan plak aterosklerosis pada arteri utama dari jantung, jenis yang akhirnya akan menyebabkan serangan jantung.Zat iIni juga menurunkan komponen lipid termasuk trigliserida. Bahkan, ekstrak beras hitam ditemukan sekuat resep obat simvastatin, obat yang digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol.
Beras hitam adalah sumber mineral yang baik, termasuk besi, serta serat dan memiliki profil nutrisi agak mirip dengan beras merah. Kehadiran antosianin memberikannya keunggulan gizi dibandingkan beras merah.
Secara umum, beras hasil pertanian organik ini lebih sehat karena tidak mengandung residu pestisida. Keunggulan lainnya, nasinya tidak mudah basi. Saat ini, beras sehat organik produksi kelompok tani di Klaten ini sudah bisa didapatkan di Jakarta. Silakan hubungi:
K U M A S
(KOPERASI USAHA MANDIRI SAMANHUDI)
Jl. Taman Sari I A No. 4 B – Jakarta Barat
Telp. 021- 6288936
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Majalah Gema Kreasi Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger